Gedung Pendataan Kepulangan TKI Diresmikan

Selasa 18 Maret 2008, Jam: 13:44:00 JAKARTA (Pos Kota) - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Erman Suparno meresmikan penggunaan gedung Pendataan Kepulangan TKI di Selapang, Tangerang, Selasa (18/3).


Menurut Erman, dengan diresmikannya gedung pendataan kepulangan TKI ini dapat berfungsi sebagai pesat data TKI, baik yang sukses ataupun bermasalah.

"Dengan data yang akurat diharapkan semua permasalahan TKI dapat cepat terdeteksi dan cepat diselesaikan" jelas Erman.

Dalam kesempatan itu, Menakertrans juga meresmikan kantor Badan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia BNP2TKI di Jl. MT Haryono, Jakarta Selatan. Semula, badan yang dipimpin M. Jumhur Hidayat tersebut berkantor
di Gedung Depnakertrans, jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Dibangunnya gedung pendataan TKI ini, lanjut Erman, merupakan upaya pemerintah untuk memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya pada kepada pahlawan devisa.

Hal ini juga merupakan kesungguhan pemerintah untuk melayani TKI sejak persiapan, penempatan hingga kepulangan. "Peresmian ini merupakan momen penting dalam melaksanakan UU No.39 tahun 2004 tentang penempatan dan perlindungan TKI di luar negeri dan Inpres No.6 Tahun 2006 tentang reformasi sistem penempatan dan perlindungan TKI yang murah, mudah,cepat dan aman," jelasnya.

Gedung ini sendiri dibangun dengan menyewa lahan PT Angkasa Pura II seluas 30.000 m" dengan biaya APBN senilai Rp 89,2 miliar, dengan rincian untuk pembangunan gedung dan prasarana jalan di Selapajang Rp 83,5 miliar dan kantor BNP2TKI Rp 5,7 miliar. [tri]


Dari Pos Kota

0 tanggapan: