"maaf judulnya ilang"

Tiba - tiba hpku bersiul nyaring tanda adanya sms yg masuk , ak liat siapa pengirimnya....achhhh dia !!
'' Hallo Dyan , gmn keadaan hari ini...baik2 aja kan..? bsok sabtu ama minggu saya libur..kita nonton yuk ? ketemu di toko indo lagi yach ''
Hati ak debar2 aneh bacainnya....soalna inget senyuman si pengirim sms tadi heuheuheuu...


Sekitar dua minggu lalu , ak berkenalan dengan cwo dari indo...pas mampir untuk belanja barang2 dari indonesia ke toko indo ponti punyanya Mbak Linda yg orang Pontianak .

Sering liat sihh....kan klo pas hari sabtu ato minggu banyak anak2 dari indo yg datang ke taman2 ato toko indo untuk sekedar ngelepas kangen ama teman2 lainnya....nahh , tuh cwo tiap kali ak datang ke toko itu selalu merhatiin ak...pernah ak ama dia bentrok pandangan mata ,waktu itu ak gugup banget....tapi dia...ehhh , malah tersenyum sambil anggukin kepala .

Duhhh makkkk !! senyumnya itu lho...ampe sekarang selalu kebayang trus di benak ak hehehehee....

Dan dua minggu kemudian pas hari minggunya , ak datang lagi ke toko indo mo beli majalah cosmopolitan ama aneka yes...ak ketemu dia lagi . Hati ak debar2 kenceng...soalna dia nyamperin ak pas ak lgi milih2 majalah .

''Hai...'' sapanya
Ak cuma tersenyum aja sambil berusaha nyembunyiin kakiku yg gemetaran...ga tau kenapa , tiap kali ketemu cwo yg bisa bikin gemetar hatiku selalu aja jadi grogi gitu...kek mati gaya deh ! padahal aslinya ak paling usil banget wlo blom kenal betul ama orangnya .
'' Boleh kenalan enga..? saya sering liat kmu sendirian datang ke sini '' lanjutnya lgi Boleh kan klo sy pengen kenal ama kmu..? ulangnya lgi sambil nyodorin tangan buat ngajak salaman .

Mau nga mau...ak terpaksa nyodorin tangan buat salaman ama dia , duhh...tangan cwo koq halus sih..? batinku bilang .

''Wijaya..'' dia sebutin namanya .

''Namaku Diana , panggil aja ak Dyan '' kataku buru2 ngelepasin jabatan tangan ama dia . ak takut....takut klo tambah mati gaya trus2an , kan bisa malu maluin ihh !

'' Dyan...? '' katanya lgi dengan nada penuh tanda tanya .

''Iyah...kenapa..? nama yg aneh yach..? '' jawabku sambil beraniin natap mata dia .

'' Ohh bukan...bukan begitu '' katanya lgi dengan cepet mungkin takut nyinggung perasaan ak kali yach .

'' Saya cuma inget dengan nama seseorang yg tulisannya sering muncul di milis yg pernah saya ikutin '' katanya lgi . Deg !! jantung ak serasa mo berhenti berdetak . untung ak cepat2 bs nguasai rasa kagetku .

'' Oh ya...? tulisan yg bagaimana ..? emangna di milist apa kmu join..? '' tanyaku sebisa mungkin bersikap tenang .
'' Dulu banget....saya join di milist pengembangan kepribadian , si pengirim sering ganti2 nama pertama sy tahu dia pk nama sweety..trus sy liat lgi pk nama Dyan...trus Lavender...dan terakhir sy bacain tulisannya dia pk nama Dyan lgi dengan judul tulisan cinta yg tak melukai.. . Udah gt lama ga ada postingan2 lgi dr dia....wlo ganti2 nama dan alamat imel tp melihat karakter dr tulisannya sy tahu klo itu dari satu orang aja '' jawabnya sambil ketawa ringan . Ak mendengarnya kepancing juga buat ikut ketawa...lumayan , suasana ga kaku kek tadi hihihii... dalam hati ak bingung , harus bilang apa yachh...soalna nga nyangka bakalan ketemu langsung ama salah satu pembaca tulisan2 isengku . kebanyakan sihh...mereka yg pernah bacain ngajak kenalannya lewat imel ato YM ..nahhh , disini.....ketemu muka langsung , duhh...mana cwo ganteng lagi !

'' Ohh...milist PK Yach ...bukannya itu milist udah lama jg ga aktif kan..? '' kataku....terpaksa buka kartu dah!

'' Jadi....bener ini Dyan yg itu yach..? '' katanya sambil pegangin bahu ak dengan kenceng . huuuuu.....sakitttttttnyaaaaaaaa bow ! ak buru2 tepisin pegangan tangan dia...asli sakit banget !

'' Maaf...maaf...maaf '' katanya sambil ngusap2 bahuku..ak cuman tersenyum kecut, abisna tadi sakit banget di goncang2 begitu...mana banyak yg liatin lgi...kan suara dia keras pas bilang gitu ! huhuuuuuuu.....malu dah!

'' Btar yach...ak ke kasir dulu bayar majalah ini '' kataku sambil buru2 pergi ke ruang kasir sembari menghindari tatapan dari banyak mata pengunjung yg datang .

Setelah selse bayar...ak cepet2 keluar , berharap ga ketemu lgi ama cwo tadi....tp emang nasibku pas lgi bagus kali yach...ehhh, dia malah udah nungguin ak di depan toko indo..yachh..bentrok lagi dah! ak ga bisa menghindar...wong udah ada di depan mata pas ak keluar dr pintu heuheuheuu....

Akhirnya kita sepakati buat nyari tempat ngobrol yg nyaman dan ga rame kek di dalam toko tadi...dan berakhir dengan saling kasih nomer telp hp , malemnya dia nelp ak lamaaaaaaaa banget !! ak suka obrolannya soalnya pembicaraan dia yg ringan2 aja...dan dia rupanya humoris juga , makanya selama ngobrol di telp ak bawaannya ngakak mlo....abisna asli lucu banget...ada - ada aja gitu yg di becandain wakakakakak...
Well , itulah sekelumit perkenalan diriku dengan si pengirim sms tadi...senang jg sihh, ketemu salah satu penggemar tulisanku secara langsung . Ak balesin sms dia ach...

'' Boleh...bsok jam 10 pagi ak datang ke toko Indo , kt ketemu di sana '' balesku

Dia jawab dengan icon happy dari hp sony ericsson .

Weittttttt !!! duhhh.....bingung jg euy ! gimana klo tetangga sebelahku liat ak pas keluar rumah.......pasti dia tanyain dah! malah bisa - bisa dia ngajak ak jalan lagi....walahhh alamat repot nihh!! ak udah berusaha buat ngindarin cwo tetanggaku yg jelas2 ngajakin ak buat ngejalin hubungan ke arah yg lebih serius lagi....ak sih suka ama tuh cwo...baik soalna dia , tapi kendala ada dalam keluarga...kita beda kenyakinan...dah gitu perasaanku udah mulai jenuh ama dia...makanya akhir2 ini ak sering menghindar dari dia . mungkin lebih bagus sekarang daripada nantinya bikin dia lebih sakit lgi....smoga aja dia bisa ngertiin prilaku ak yang jelas2 menjaga jarak untuk tidak melanjutkan hubungan yg telah terjalin semenjak ak katakan dengan jujur..klo ak hanya ingin berteman aja ama dia .

Yo weizz.....gimana bsok aja dah ! yang jelas untuk saat ini...ak hanya ingin menikmati getaran - getaran halus yg lagi berirama dengan alunan nada indah dalam bilik kamar hatiku yang sedang berbunga sambil bersenandung lagu cinta....[]


dari sini

Teater Garasi di Desa Cakul, Kec. Dongko, Trenggalek, 3 Mei 2009

Sum, Sebuah Cerita dari Rantau
Fragmen Getir Para Pekerja Migran

Kegetiran menjadi nafas yang seketika terhirup begitu Very memulai pementasan ini. Sum, Sebuah Cerita dari Rantau, adalah monolog produksi Teater Garasi yang menceritakan empat fragmen kisah buruh migran yang terhubung satu sama lain oleh ’aku’ yang diceritakan tengah melakukan studi tentang buruh migran. Keempat buruh migran perempuan tersebut bekerja di empat negara berbeda, namun semuanya memiliki cerita yang relatif sama. Perih, getir. Walaupun pada beberapa bagian, penonton diajak tertawa oleh keluguan tokoh yang diceritakan.


Adengan dibuka dengan keriangan Sum, seorang calon buruh migran dari Indramayu yang hendak berangkat ke Saudi. Keriangan yang bercampur kebingungan dan ketidakpastian mengingat tempat kerja yang akan dituju begitu jauhnya dari kampung kelahirannya.

Tokoh lain yang dihadirkan dalam monolog ini adalah seorang mantan pekerja migran di Malaysia. Tokoh ini diceritakan demikian kuat harga dirinya, tak hanya harkat diri yang coba ia pertahankan di Negri Jiran, tetapi juga harga diri bangsanya. Dalam cerita tersebut, ditampilkan betapa marah ia disebut sebagai ’Indon’ karena dalam kata tersebut terkandung perendahan terhadap martabat bangsa Indonesia.

Tak hanya penonton yang diajak merenung untuk akhirnya diajak membuka mata terhadap kondisi sosial di sekitarnya. Very sendiri, selaku pemain dan penggagas cerita merasa bahwa lakon ini sebegitu kuat mempengaruhi pikirannya. Ia yang selama 15 tahun berproses bersama Garasi mengaku, dalam lakon inilah segenap pikiran, perasaan, dan tenaganya ’habis-habisan’ ia curahkan.

Monolog sendiri sebenarnya merupakan program baru dari Teater Garasi. Berawal dari kegelisahan tenggelamnya individu dalam kelompok, pada tahun 2006 dimunculkanlah program bernama Solo Project. Dalam program ini, setiap pekerja kreatif difasilitasi sehingga, ’’Masing-masing bisa tumbuh, mandiri, tidak tertutup oleh Garasi,’’ jelas Very.

Lakon Sum yang diangkat Very, terinspirasi oleh pementasan monolog seorang aktris monolog yang menggelar pertunjukan di Jakarta. Menonton pertunjukan tersebut, membuat Very membulatkan tekad, ’’Aku harus bermain bagus.’’

Buruh migran menarik perhatiannya karena ia melihat sebegitu besar dan rumitnya persoalan mereka. Tak hanya kemiskinan, tiadanya lapangan pekerjaan, serta perbedaan budaya saja yang harus dihadapi para buruh migran ini. Lebih dari itu, hal yang demikian besar, terkait dengan kebijakan pemerintah, politik antarnegara, hingga jaringan perdagangan manusia menyatu di dalamnya.

Kurang lebih setahun lamanya, Very melakukan observasi dan pengumpulan data untuk lakon ini. Kenyataan yang ia temukan dalam setahun tersebut justru membuatnya ingin melakukan studi lebih lanjut lagi. ’’Ini lingkaran setan. Aku sempat merasa marah,’’ komentarnya terhadap fakta yang ia dapatkan. ’’Tidak fair bagi mereka.’’

Pentas monolog ini digelar pertama kali bulan November 2008, di sebuah desa di wilayah DI Yogyakarta yang sebagian warganya menjadi buruh migran. Bulan Mei 2009 ini, rencananya Very akan kembali mementaskan monolognya di di desa-desa di wilayah Jombang, Tulungagung, dan Trenggalek. [am]

Negara Bodoh, Rakyat Pintar

Oleh Jakob Sumardjo

Semakin tinggi pendidikan modern kita, semakin bodoh pengetahuan kita tentang Indonesia. Sistem pengetahuan ”bodoh” Indonesia ternyata kearifan lokal tertinggi bangsa ini. Praktik pembabatan hutan di Sumatera, Kalimantan, dan Papua adalah kebodohan pemerintah dalam memamerkan pengetahuan modernnya yang setengah-setengah. Hutan itu kebudayaan yang tidak dikenal manusia modern. Bangsa ini sebagian besar telah hidup dengan hutan dan dalam hutan selama ribuan tahun. Dan, permata Khatulistiwa ini tetap subur, kaya raya memakmurkan penghuninya.


Siapa yang bodoh?
Dalam waktu kurang dari satu abad, muncul homo-homo sok modern Indonesia yang menghancurkan hutan dan kebudayaannya. Infrastruktur bangsa Indonesia dari hutan, perkebunan, pertanian, dihancurkan sendiri oleh manusia-manusia modern Indonesia. Mereka menilai, bangsa Indonesia yang berkebudayaan ”primitif” dalam pertanian, perkebunan, dan kehutanan perlu dimodernkan dengan cara bodoh mereka.

Siapa yang sebenarnya bodoh? Siapa yang sebenarnya berpikiran maju? Siapa yang sebenarnya berpikir kontekstual? Orang modern kota atau penduduk pedesaan dan kehutanan di Indonesia? Siapa yang sebenarnya merusak Indonesia, rakyat atau pemerintahannya?

Jika pemerintahan Indonesia modern ini tak pernah ada, apakah kemakmuran dan kekayaan bumi Indonesia akan bertambah kaya atau ambruk?

Kenyataannya, sebelum kolonial Belanda datang, berbagai bangsa di dunia mendatangi bumi Khatulistiwa ini untuk membeli hasil hutan dan pertanian. Pada zaman kolonial, kekayaan Indonesia masih memberi kemakmuran berlimpah bagi Belanda, justru dari hasil pertanian, perkebunan, kehutanan, dan produk baru pertambangan.

Setelah Republik Indonesia berdiri, mengapa kekayaan dan kemakmuran hilang? Negara miskin, rakyat kian miskin! Telah lahir pesulap-pesulap hebat kaliber David Copperfield yang melenyapkan kekayaan-kesuburan-kemakmuran berabad-abad dalam waktu puluhan tahun.

Siapa yang sebenarnya bodoh? Rakyat atau pemerintah?
Kita yang berpendidikan modern perkotaan mengaku mengetahui dan memahami apa itu kemodernan dan menganggap penduduk desa dan penduduk hutan sebagai manusia primitif yang bodoh. Sebenarnya orang modern tak tahu apa-apa tentang kebudayaan hutan dan kebudayaan pertanian. Pengetahuan mereka dicomot dari kebudayaan pertanian dan kebudayaan hutan bangsa lain yang ditulis kaum modernis asing pula.

Jika hutan dan pertanian tetap subur makmur saat kita merdeka, sebenarnya menunjukkan adanya konsep pertanian, perkebunan, dan kehutanan luar biasa yang dimiliki penduduk desa dan penduduk hutan yang ”bodoh-bodoh” itu! Mereka telah ribuan tahun hidup dalam dan dengan hutan, tanpa ada berita kebakaran hutan yang beratus kali terjadi seusai kemerdekaan.

Budaya hutan

Yang mampu mendayagunakan hutan secara efektif dan efisien pada zaman paling mutakhir ini adalah penduduk hutan sendiri yang telah ribuan tahun mengikuti tradisi budaya hutan mereka dari nenek moyangnya. Orang modern Indonesia hanya tahu, hutan menghasilkan kayu buat industri. Padahal, budaya hutan menghasilkan pertanian padi, palawija, perkebunan, hasil hutan seperti rotan, perca, madu, kampar, dan lainnya. Itu sebabnya jika hutan digunduli, kebudayaan hutan hancur tak bermakna. Hidup tak mungkin lagi.

Kebakaran hutan akibat sistem ladang berpindah? Itu buah pikiran bodoh orang modern yang buta huruf kebudayaan bangsa sendiri. Mereka harus membaca literatur antropologi, sosiologi, etnologi, dan ekologi masyarakat hutan di Indonesia. Atau mereka disuruh masuk hutan dulu biar tahu bagaimana cara hidup masyarakat hutan.

Hutan bagi masyarakat hutan bukan tanpa peta. Mereka hafal batang-batang kayu dan tabiatnya, hafal batas-batas alamnya, hafal mana hutan larangan yang dibiarkan tumbuh alami, mana hutan perladangan, mana hutan perkebunan, mana hutan pekarangan rumah. Hutan yang rimba raya bagi orang kota adalah liku-liku gang perkampungan kalau di kota. Penduduk hutan tahu ”jalan besar” untuk pulang di tengah lebatnya hutan. Hutan itu rumah dan kampung halaman mereka. Justru kita orang modern kota harus banyak berguru ilmu kepada mereka.

Siapa pula yang lebih tahu bahasa tanah daripada petani-petani desa? Dengan penciuman mereka tahu mana tanah yang subur, sakit, tak produktif, seperti kita segera tahu siapa yang berjabatan tinggi di kantor dan siapa yang pegawai rendahan.

Jadi, rakyat yang kurang pendidikan modern inikah yang lebih bodoh dari mereka yang duduk di perguruan tinggi dengan tumpukan buku-buku berbahasa asing? Atau kita yang modern di kota-kota ini justru harus belajar kembali kearifan-kearifan lokal yang selama ini disingkirkan sebagai primitif dan ketinggalan zaman?

Kita ini bodoh tentang tanah air, berbangsa, berbahasa, bersistem kepercayaan, dan beradat lembaga lokal-lokal kita yang amat bermacam ragam ini.

Kita maunya menyapu bersih ”kebodohan-kebodohan” ini dengan cara kita sendiri yang bodoh pula.

Jakob Sumardjo Esais

Kompas Sabtu, 18 April 2009 | 03:25 WIB

Sastrawan Budi Darma: Ganti Presiden, Dunia Seni Tak Banyak Maju

Sastrawan Prof Dr Budi Darma menilai, selama setahun pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono dan Jusuf Kalla dunia seni di Indonesia tidak banyak maju dari kondisi di akhir masa pemerintahan Soeharto. "Tapi saya tegaskan dulu, dalam kondisi seperti ini, siapapun presidennya akan tetap mengalami kesulitan dalam berbagai bidang," kata pria kelahiran Rembang, Jawa Tengah, 25 April 1937 itu kepada Antara di Surabaya, Sabtu (15/10).

Dikatakan pula oleh Budi, dalam banyak hal sebetulnya Presiden Susilo sudah berlari cepat, tapi para menteri justru berjalan lambat. Dinilai oleh Budi, para menteri tidak mampu menerjemahkan kebijakan Presiden Susilo.

"Jadi, penilaian saya sama seperti yang diungkapkan oleh orang-orang bahwa menteri-menteri jalan sendiri-sendiri dan kurang koordinasi. Itu kondisi secara umum," ujar Guru Besar Universitas Negeri Surabaya (Unesa), yang dulu bernama IKIP Surabaya, itu.
Ia kemudian mengingatkan bahwa pada 31 Desember 1997 Soeharto, yang ketika itu didampingi oleh Menteri Pariwisata Joop Ave serta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Wardiman Djojonegoro, berpidato mengenai krisis ekonomi yang sangat parah.
"Pak Harto saat itu berkata bahwa dalam kondisi seperti itu kesenian agar dijadikan komoditi atau dijual. Maka kesenian digabung dengan pariwisata sehingga menterinya menjadi Menteri Budaya dan Pariwisata," tutur penulis novel-novel Olenka dan Orang-orang Bloomington tersebut.

Kemudian, lanjutnya, pada masa pemerintahan BJ Habibie, KH Abdurrahman Wahid, Megawati, dan Susilo, kementerian itu tetap ada, namun dunia seni di Indonesia tidak berubah jika dirujuk ke kondisi di era Soeharto.
"Kalau dilihat dari kaca mata pemimpin kita, kesenian tidak dianggap sebagai sesuatu yang penting. Kesenian malah akan dijual untuk mengimbangi kondisi devisit negara," ujarnya. Padahal, tambahnya, di negara manapun, kesenian merupakan pos yang merugi.
Di Singapura, cerita Budi, pada 2002 dibangun sebuah gedung kesenian di dekat pantai, yang dalam bahasa Melayu disebut Gedung Durian. Karena penduduk di negara tersebut sedikit, pemerintah Singapura sering mengundang para seniman dari luar negeri.

"Pemerintah Singapura waktu itu banyak mengeluarkan uang untuk bisa menggelar kesenian dari luar negeri. Jadi, negara memang harus mengeluarkan banyak uang untuk kesenian. Namun, untuk kerangka individu, seniman tetap harus profesional, yakni dibayar," tutur Budi, yang pada 2002 mengajar di National Institute of Education, Nanyang Technological University, Singapura, di Jurusan Bahasa dan Kebudayaan Asia.
Untuk Indonesia, imbuhnya, karena krisis ekonominya belum usai, diperlukan kebijakan dari Pemerintah untuk memberi keringanan pajak bagi perusahaan-perusahaan yang telah membantu dunia kesenian.

"Harus ada UU kesenian yang di dalamnya mengatur masalah itu. Jadi, perusahaan diminta untuk membantu kegiatan kesenian, kemudian pajak perusahaan itu diringankan," usul sastrawan yang baru menerbitkan kumpulan cerpen berjudul Vovo dan Senggring tersebut. [ant/kompas/ Sabtu, 15 Oktober 2005, 11:51 WIB]

Tanpa Legalisasi KBRI Singapura, Hasil Otopsi David Tidak Sah

JAKARTA - Keabsahan hasil otopsi mahasiswa Nanyang Technology University (NTU) David Hartanto Widjaja yang diterima pihak keluarga dipertanyakan. Ahli forensik FK UI Mun'im Idris menilai, hasil otopsi mahasiswa Indonesia yang meninggal di Singapura itu tidak sah. Ini karena hasil otopsi yang diterima keluarga David merupakan salinan dan tidak mencantumkan legalisasi KBRI Singapura.

''Menurut dia (ahli forensik FK UI), seharusnya hasil otopsi distempel atau dilegalisasi lebih dulu oleh KBRI Singapura,'' ujar kakak David, William Widjaja, di Jakarta kemarin (7/4). Menurut tim forensik UI, lanjut William, seharusnya kepolisian Singapura menyerahkan hasil otopsi tersebut kepada KBRI sebagai penanggung jawab WNI ketika berada di luar negeri.

Namun, yang dilakukan justru polisi setempat tidak melibatkan KBRI dan langsung mengirimkannya kepada NTU. ''Bahkan, yang mem-forward hasil otopsi itu ke pihak keluarga adalah pihak NTU. Jadi, di sini pihak Singapura sudah menyalahi aturan yang berlaku,'' ujarnya. Menurut William, hal tersebut semakin memperkuat dugaan konspirasi dan pengaturan di balik kasus dan hasil otopsi David.

Hasil otopsi David diterima keluarga dari pihak NTU pada Jumat (3/4) lalu. David tewas terjatuh dari gedung fakultasnya pada 2 Maret lalu. Kasus kematian David kini ditangani kepolisian Singapura. Selain mengantongi hasil otopsi mayat David, polisi Singapura mendapatkan bukti-bukti dari telepon genggam dan komputer jinjing milik mahasiswa tingkat akhir NTU itu yang diduga menyimpan hasil penelitiannya.

Keluarga membantah pemberitaan media Singapura yang mengatakan David tewas bunuh diri setelah menusuk profesornya, Chan Kap Luk. Diberitakan pula penyebab David bunuh diri karena frustasi beasiswanya diputus. Kematian David semakin misterius karena disusul kematian dua staf peneliti asal Tiongkok, Zhou Zheng, 24, dan Hu Kunlun. Ketiganya berasal dari universitas yang sama. Keluarga mengaku tak yakin pemerintah Singapura bisa jujur mengusut kasus tersebut.

Kejanggalan paling mencolok tampak pada kesaksian rekan David dalam harian The Strait Times yang diedarkan secara kolektif di internet. Di antaranya, soal ditemukannya luka di leher jenazah dan fakta bahwa sebelum kematian, David masih membawa perlengkapan seperti handuk dan botol minuman. (zul/oki)

Jawa Pos
[Rabu, 08 April 2009]

Beginikah Bangsa Indonesia Menyambut Kedatangan Pahlawan Devisa-nya?

Terminal Tiga Bandara Soekarno-Hatta, sekarang jadi Terminal Empat. Demikian kata Tarini Sorrita, melalui telepon beberapa menit lalu. Tarini ialah pekerja rumah tangga asal Indonesia di Hong Kong pengarang cerpen Penari Naga Kecil, yang sore tadi sekitar pukul 17.00 mendarat di tanah air.

Sebuah cerpen Tarini dalam buku Penari Naga Kecil itu, Nyonya Majikan, barusan diterbitkan dalam jurnal Imprint bersama penulis perempuan Hong Kong. Dalam jurnal berbahasa Inggris itu ’’Nyonya Majikan’’ menjadi ’’Mrs.Employer.’’ Selain sebagai pendulang devisa, artinya, Tarini juga berjasa membawa nama baik bangsa melalui sastra, lho!

Lah, masih ada lagi jasanya di bidang pariwisata. Ia datang ke tanah air kali ini bersama seorang turis berkulit putih.

Tetapi, ia masih juga dipersulit di Terminal Empat itu. Ia harus berpisah dengan kawan turisnya. Petugas bandara tidak mengizinkan ia keluar lewat Terminal Dua bersama sang kawan, sedang kawannya pun tak boleh mengikuti dia melalui Terminal Empat.

Sekitar pukul 22.00 malam ini, Tarini meneleponku, mengatakan ia berada di dalam angkutan (travel) bersama 9 orang perempuan domestic worker lainnya, di sebuah jalan tol yang tak bisa ia kenali di mana persisnya, sedang macet.

Masih seperti itulah kita menyambut sosok yang di bibir saja kita gelari: pahlawan devisa!. [Bonari Nabonenar]

Bukan sekadar jago kandang

Oleh : Santi

LANTAI 6 sebuah gedung di ruas Wellington Street Hong Kong, pertengahan Maret lalu, tampak sibuk. Dua orang duduk sebagai penerima tamu.
Di dalam ruangan, puluhan lelaki dan perempuan duduk dan berdiri mengobrol dengan mengepit buku di lengan kiri dan memegang gelas wine di tangan. Hampir semuanya berwajah bule. Ada beberapa yang bermata sipit dan ada pula satu-dua orang berkulit hitam dan berambut kriwil.


Hanya satu perempuan berkulit sawo matang yang saya temukan di situ. Agak canggung berbaur dengan tamu lain di tempat bernama Kee Club itu.

Namanya Tarini Soritta. Umurnya 30-an. Di kalangan buruh migran Indonesia yang ada di Hong Kong, namanya tak asing. Ia dikenal sebagai cerpenis, juga penyair dan penulis puisi. Beberapa cerpen-nya telah dibukukan dalam “Penari Naga Kecil” dan sejumlah antologi. Sementara sejumlah puisinya juga telah terbit dalam antologi bersama dengan penyair lain di kalangan BMI.

Namun baru kali ini, karyanya masuk dalam jurnal terbitan Hong Kong yang merangkum karya-karya penulis perempuan yang tinggal di Hong Kong.

Diberi judul “Mrs.Employer”, cerpen Tarini yang masuk diterbitkan dalam jurnal tersebut berkisah tentang buruh migran Indonesia yang ribut dengan majikannya gara-gara uang belanja.

Menurut Tarini, versi Indonesia dari cerpen ini, berjudul “Nyonya Majikan”, telah diterbitkan dalam kumpulan cerpennya “Penari Naga Kecil.”

Ia berkisah, salah seorang member dari Kee Club-nya yang memberitahunya soal komunitas Women in Publishing Society Hong Kong (WiPS) yang menerbitkan jurnal bernama Imprint tersebut.

Menurut Carol Dyer, editor jurnal tersebut, Tarini adalah satu-satunya perempuan penulis asal Indonesia dan satu-satunya penulis dengan latar buruh migran yang pernah muncul di jurnal Imprint.

“Tahun lalu, kami menerbitkan karya penulis Filipina, tapi dia bukan pekerja rumah tangga,” ujar Carol saat ditemui SUARA di sela acara peluncuran jurnal Imprint 2009.

Shiho Sawai, peneliti Jepang yang tengah melakukan penelitian soal aktivis BMI penulis di Hong Kong, mengatakan bahwa masuknya cerpen Tarini dalam jurnal ini merupakan hal bagus karena setidaknya karya BMI bisa dibaca oleh komunitas Hong Kong.

Sebelumnya, karya seorang penulis BMI lainnya, Etik Juwita, juga telah diterjemahkan dalam bahasa Inggris dan dipublikasikan dalam jurnal Word Without Borders, bersama dengan sejumlah cerpenis perempuan asal Indonesia, antara lain Dorothea Rosa Herliany (pemenang Khatulistiwa Literary Award 2005-2006), Abidah El Khalieqy (penulis novel Perempuan Berkalung Sorban), Oka Rusmini (penulis novel Tarian Bumi), dan Cok Sawitri (penulis novel Janda dari Jirah).

Cerpen Etik berjudul “Bukan Yem” yang masuk dalam jurnal tersebut sebelumnya sudah diterbitkan oleh Gramedia dalam antologi 20 cerpen terbaik versi Pena Kencana Award. Bersama Etik, sejumlah cerpen lain yang diterbitkan dalam antologi ini antara lain cerpen karya Seno Gumira Ajidarma, Triyanto Triwikromo, Puthut EA, dan Ratih Kumala.

Baik Etik maupun Tarini menunjukkan bahwa penulis BMI bukan sekadar jago kandang. Kepiawaian mereka merangkai kata diakui bukan hanya di komunitas buruh migran, tapi juga kalangan yang lebih luas. Bukan hanya nasional, tapi juga internasional.

Kebetulan juga, baik “Mrs.Employer” maupun “Bukan Yem” membawa gambaran jelas tentang kondisi buruh migran Indonesia. Ini membuat banyak kalangan berharap sastra yang ditulis komunitas buruh migran bisa menjadi suara dan membawa pesan kuat kepada khalayak yang lebih luas tentang nasib para pekerja migran itu sendiri.[]

koran SUARA

G-20, Sovereign Wealth Fund dan Kapitalisme Baru

Oleh Herry Juliartono *

PERTEMUAN pemimpin 20 negara, penguasa 85 persen perekonomian dunia, di London minggu ini sangat krusial bagi masa depan pranata sosial ekonomi dunia baru. Intensitas resesi yang melanda sekarang ini bakal menjadi katalis dominan arah dan substansi materi pertemuan kali ini.


Dalam pertemuan ini, pemimpin G-20 akan dihadapkan kepada sejumlah permasalahan mendasar yang membutuhkan pemikiran dan keputusan bernas. Perbedaan cara pandang AS dan Eropa terhadap penyelesaian krisis ekonomi ini, reformasi IMF, dan Bank Dunia dengan memberikan peran lebih besar kepada sejumlah negara kaya Asia dan masih layakkah pranata kapitalisme ini dipertahankan merupakan tiga materi utama yang bakal mendominasi diskusi.

Pada dasarnya, semua pihak sepakat harus segera menemukan jalan penyelesaian tercepat, terpendek, dan paling murah dari belitan resesi ini. Tetapi, ironisnya, ketika sampai pada tahap aksi dan koordinasi tindakan, para pemimpin itu jugalah yang justru memperlihatkan betapa tidak mudahnya memadukan kepentingan.

AS yang menjadi episentrum sumber prahara resesi saat ini masih percaya dengan resep model Keynessian. Yakni, pemerintah bertindak aktif menggerakkan ekonomi ketika masyarakat (pribadi dan perusahaan) tidak berdaya. Dalam model itu, stimulus dan kebijakan moneter selalu menjadi andalan dengan asumsi utama mempertahankan aktivitas perekonomian dan secara bertahap mengembalikan kepercayaan pelaku ekonomi.

Presiden AS Barack Obama tidak sendiri dalam gerbong ini. Sejumlah pemimpin mendukung, bahkan menerapkan resep yang sama, meskipun dengan sejumlah improvisasi dalam pelaksanaannya. Inggris, Australia, Tiongkok, dan Indonesia merupakan sebagian negara yang ikut gerbong itu -Inggris dan Australia bahkan siap menjadi pelobi model AS tersebut.

Sementara negara-negera Eropa daratan lebih memilih perlunya regulasi yang lebih ketat dan jelas atas fungsi dan mekanisme sistem keuangan dunia. Mereka yakin, krisis sekarang bersumber dari kelemahan faktor itu yang membuat labirin Wall St semakin menggurita tidak terkendali.

Argumen tersebut didasarkan pada fakta bahwa pemicu utama resesi ini adalah tindakan berlebihan yang tidak terkontrol dari hedge fund dalam transaksi derivatif, yang pada akhirnya tidak hanya berdampak pada kepercayaan pelaku pasar dan bisnis, melainkan juga berimplikasi kepada ekonomi riil.

Sovereign Wealth Fund

Krisis ekonomi dunia kali ini juga membuka pintu terhadap fakta yang selama ini diterima sebagai tatanan wajar bahwa negara-negara Barat sangat kaya dan selalu menjadi sumber dana dunia.

Persepsi demikian itu diperkuat dengan konstelasi sistem representasi yang masih berlaku hingga sekarang ini dalam dua lembaga utama keuangan, IMF dan Bank Dunia. AS dan G-7 yang defisit sangat mendominasi hak voting, sementara negara-negara kaya tidak terwakili secara proporsional ( Tiongkok 1,5% suara dan India hanya 0,5% suara).

Padahal, dua negara terkaya dengan cadangan devisa riil terbesar sekarang ini adalah Abu Dhabi dan Tiongkok. Bahkan, cadangan devisa Abu Dhabi dan 6 negara lain dalam Uni Emirat Arab hampir dua kali lipat Tiongkok. Belum lagi negara-negara kaya minyak seperti Arab Saudi, Kuwait, dan Brunei.

Dunia baru tersadar akan besarnya kekuatan ekonomi negara-negara Asia kaya baru itu setelah mereka belanja aset murah dalam jumlah luar biasa. Abu Dhabi lebih mengonsentrasikan investasinya pada sektor keuangan dan investasi dengan membeli saham sejumlah bank dan asuransi di AS dan Eropa. Akhir tahun kemarin Abu Dhabi merupakan pemegang saham terbesar (23,5%) bank terbesar di Eropa Barclay Bank.

Sedangkan Tiongkok menggunakan dananya untuk mengamankan pasokan bahan baku dan energi untuk industri mereka. Tiongkok menyiapkan miliaran dolar untuk membeli saham perusahaan tambang di Australia, termasuk 19% saham perusahaan terbesar ketiga di dunia Rio Tinto. Tiongkok juga mengamankan cadangan energi dengan investasi di Rusia, Balkan, dan Brazil hampir USD 200 miliar.

Yang membuat terbelalak Wall St dan pasar keuangan dunia adalah fakta ternyata Tiongkok -yang kebingungan memarkir uangnya- merupakan lembaga tunggal pemegang Treasury Bill terbesar.

Fakta-fakta itulah yang mendasari perlunya reformasi di IMF dan Bank Dunia karena negara-negara itu tidak bakal mau meminjamkan uangnya kalau tidak bisa ikut mengendalikan keputusan atas penggunaan dananya.

Matinya Pasar Bebas?


Besarnya momentum krisis ekonomi kali ini memang sangat luar biasa sehingga hampir tidak ada negara yang bakal selamat dari terpaannya. Ibarat tsunami, momentumnya bergerak melebar dari episentrum di AS ke seluruh dunia secara beruntun dan terkait satu sama lain.

Hal itu tidak bisa dihindari karena efek globalisasi dan saling keterkaitan dalam pasar bebas bahwa barang, jasa, dan dana mengalir mudah tanpa hambatan geografis batas-batas negara yang konvensional. Implikasinya ketika AS sebagai pasar terbesar dunia terkena resesi aliran pasar bebas menjadi tersendat, bahkan dalam beberapa sektor berhenti mendadak.

Kondisi itulah yang memicu kembalinya pemikiran nasionalisme ekonomi. Bahkan, ide itu kian mengkristal menjadi wacana utama di Eropa bahwa para demonstran menuntut agar unsur ekonomi yang berbau luar negeri ditempatkan dalam prioritas terakhir. Bukan hanya produk asing, pekerja imigran juga ditentang.

Sejarah membuktikan, krisis ekonomi selalu membawa serta perdebatan tentang pranata sosial ekonomi. Ketika Depresi 1930-an, pranata kapitalisme juga dipertanyakan sehingga lahirlah The FED untuk mengatur pasar uang dan SEC untuk pasar modal AS. Untuk meredam kemarahan rakyat atas keserakahan kapitalisme, negara-negara maju juga mulai menerapkan cikal bakal welfare state.

Sejarah terulang lagi kali ini. Hanya, para kapitalis yang menjadi sasaran bukan lagi kaum borjuis individual dalam konotasi Marx, tetapi lebih impersonal dalam bentuk lembaga keuangan/investasi.

Tetapi, pola dasar pertentangannya tidak berubah di mana kaum proletar (karyawan yang kehilangan pekerjaan) marah terhadap borjuis (eksekutif yang serakah). Bahkan, dalam kasus AIG, Obama sangat Marxian dan ikut mengutuki eksekutif yang mengantongi bonus, meskipun perusahaannya harus ditalangi dana dari pajak rakyat agar tidak bangkrut.

Meminjam teori Marx, tarik ulur kepentingan memang tidak bisa dihindari. Setiap tesa pasti akan memancing antitesa sebelum sintesa baru akhirnya muncul dan menjadi pranata sosial ekonomi yang disepakati sebagai norma bersama. Bagaimana bentuknya, itulah yang menjadi tugas para pemimpin di London minggu ini.

*. Herry Juliartono , alumnus Universitas Airlangga, pelaku bisnis, tinggal di Perth

Jawa Pos [Kamis, 02 April 2009]

Wajah G-20, Bismarkian Lawan Libertarian

Oleh Achmad Tohari *

PERTEMUAN G-20 yang diselenggarakan 1-2 April 2009 sempat terancam gagal sebelum dimulai. Sejumlah pemimpin negara Eropa yang dimotori Prancis mengancam akan ''memboikot" pertemuan tersebut (JP/2/4).


Bayangan terhadap kegagalan pertemuan kali ini dilandasi oleh terdapatnya dua kelompok yang memiliki perbedaan pandangan. Kelompok pertama adalah beberapa negara Eropa yang dimotori Prancis dengan dukungan Jerman.

Mereka menganggap poin-poin konsensus terlalu dipaksakan dan kurang solutif mengatasi permasalahan krisis ekonomi global saat ini. Namun, kelompok lain yang dimotori Amerika meyakini hanya dengan poin tersebut dampak krisis global dapat diatasi.

Poin konsensus yang menyebabkan ketidaksepahaman antarkelompok adalah terkait kebijakan stimulus fiskal. Amerika yang didukung Jepang dan beberapa negara lain menghendaki negara-negara Eropa lebih agresif lagi dalam meberikan jumlah stimulus ekonomi.

Namun, negara-negara Eropa sepertinya sulit memenuhi tuntutan tersebut. Negara Eropa menganggap bahwa stimulus yang telah diberikan sudah cukup besar. Mereka mengganggap bahwa solusi untuk mengatasi krisis kali ini seharusnya dilakukan dengan memperkuat perundangan yang mengatur tentang transaksi keuangan.

Selain itu, negara Eropa juga meminta G-20 memberikan sanksi keras kepada negara yang selama ini memberikan keleluasaan terhadap para pengemplang pajak, safe heaven. Dan, tampaknya, perbedaan pandangan tersebut akan sulit dicairkan karena terkait dengan konsep ekonomi yang dianut masing-masing negara.

Persaingan Klasik

Persaingan untuk menunjukkan eksistensi dalam mencapai tujuan pembangunan ekonomi telah terjadi sejak lama antara kedua konsep tersebut. Beberapa negara Eropa telah mengaplikasikan konsep yang diperkenalkan oleh Otto van Bismark atau lebih dikenal dengan Welfare State. Sedangkan sebagai pesaingnya adalah penganut konsep Libertarian yang dimotori oleh Amerika.

Dalam konsep Welfare State yang dipelopori Jerman dan beberapa negara Eropa lain, negara secara penuh bertanggung jawab atas kesejahteraan semua warga negara. Secara kasat mata, negara yang menganut konsep ini banyak memberikan keuntungan sosial terhadap masyarakatnya.

Keuntungan tersebut dapat berupa pemberian asuransi yang bersifat universal, jaminan kerja dan subsidi pengangguran, pendidikan gratis, dan kebijakan sosial yang bersifat redistributif. Implikasi konsep ini memberikan kesan bahwa negara sangat mencampuri urusan masing-masing individu dalam mencapai ''kesejahteraannya" dan sering negara menghadapi tekanan anggaran fiskal yang besar.

Sementara pada kutub yang berbeda, Libertarian yang dimotori Amerika beranggapan bahwa peran negara dalam perekonomian harus dibatasi dan hanya dibutuhkan dalam kondisi tertentu seperti saat krisis kali ini. Sehingga dalam pandangan konsep ini, kebebasan individu sangat diagungkan akan mampu membawa kondisi perekonomian menuju kejayaan.

Menghilangkan Ego-Kenegaraan

Perbedaan konsep itulah, tampaknya, yang menjadi awal ''kekisruhan" pertemuan G-20 kali ini. Para penganut Bismarkian beranggapan bahwa upaya peningkatan jumlah stimulus bukan merupakan solusi krisis.

Penerapan kebijakan stimulus yang berlebihan justru akan menyebabkan defisit anggaran semakin besar dan mengganggu perekonomian mereka. Padahal, tanpa pemberian stimulus pun, Jerman dan Prancis sudah menghadapi tekanan fiskal yang akut akibat pemberian keuntungan sosial kepada warganya.

Justru penganut Bismarkian menilai upaya reformasi yang membatasi upaya masing-masing individu dan pelaku bisnis adalah obat mujarab bagi krisis. Sebab, upaya memaksimumkan keuntungan pribadi dengan melanggar rambu-rambu yang ada merupakan sumber utama krisis global kali ini.

Sementara itu, negara penganut Libertarian menganggap bahwa pemerintah tidak seharusnya memasuki area yang bersifat individu dalam urusan ekonomi. Mereka meyakini bahwa peningkatan peran pemerintah melalui stimulus yang masif pada saat krisis akan menjadi obat manjur untuk membawa perekonomian keluar dari krisis.

Dengan adanya perbedaan fundamental pada cara pandang tersebut, rasanya, akan sulit mencapai konsensus konkret sebagai upaya mengatasi krisis ekonomi global. Karena itu, diperlukan suatu langkah arif dan bijak pada semua pemimpin negara G-20 yang terlibat.

Kita semua berharap pertemuan G-20 kali ini bukan hanya berjalan sebagai seremonial tanpa hasil konkret seperti yang dikhawatirkan Prancis. Tetapi, menempatkan forum itu sebagai suatu solusi untuk meredam dampak krisis global yang sedang menghantui sebagian besar penduduk dunia.

*. Achmad Tohari , pemerhati masalah ekonomi dan alumnus Utrecht School of Economics, The Netherlands

Jawa Pos [ Sabtu, 04 April 2009 ]